Benarkah Setiap Orang Wajib Memiliki Hobi?

Advertisements

Kalteng Today – Lifestyle, – “Apa hobi Anda?”. Pertanyaan yang sebenarnya sangat umum dan mudah untuk dijawab. Namun, faktanya banyak sekali orang dewasa yang tidak memiliki hobi atau kegemaran. Padahal manfaat dari hobi sangatlah banyak, terutama bagi kesehatan mental kita.

Biasanya mereka beralasan sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk melakukannya, adapula yang ternyata justru bingung dengan apa yang menjadi kegemaran mereka. Tentu sulit bagi Anda yang sangat sibuk untuk melepaskan sedikit waktu berharga Anda. Tapi, jika itu untuk menikmati aktivitas yang disenangi dan dapat memicu gairah dalam segala aspek kehidupan, kenapa tidak?

Photo by Burst on Unsplash

Berikut beberapa alasan hobi menjadi bentuk investasi hidup kita:

Baca Juga

  1. Menjadi kreatif

Baik aktivitas berupa melukis, memanggang roti ataupun memahat merupakan suatu tindakan eksperimental yang mungkin belum pernah atau jarang sekali dilakukan sebelumnya. Aktivitas tersebut jika ditekuni dan dilakukan secara rutin  akan membantu mengembangkan potensi dan kemampuan yang ada pada diri kita. Lalu menjadikan kita kreatif, karena rutinitas tersebut otomatis menyempurnakannya hingga memiliki ciri khas atau gaya kita sendiri yang berbeda dengan orang lain.

  1. Meningkatkan citra diri

Dengan menyelami hobi, sebenarnya kita sedang memberikan penghargaan pada diri kita sendiri. Dan jika makin mahir dalam melakukan hobi tersebut, misalnya bermain gitar, akan membantu meningkatkan ketekunan, kesabaran, bahkan kepercayaan diri. Bonusnya, di mata orang lain mungkin Anda menjadi terlihat lebih keren dan inspiratif bagi mereka.

  1. Menghubungkan dengan orang lain

Hobi juga menjadi salah satu cara bagi kita untuk dapat bertemu banyak teman baru dan bergabung dalam suatu komunitas. Hal ini mematahkan persepsi yang mengatakan bahwa hobi hanya dapat dilakukan oleh golongan introvert atau seorang diri saja. Karena nyatanya tidaklah seperti itu. Dengan memasuki komunitas yang sesuai dengan hobi kita, maka sudah pasti kita akan terhubung dengan orang lain dan sangat memungkinkan akan terjadi kolaborasi pula.

  1. Mengurangi stres

Beralih ke suatu aktivitas yang tidak berhubungan sama sekali dengan pekerjaan, seolah menekan tombol reset pada otak kita. Bayangkan otak Anda yang harus bekerja ekstra karena stres berjam-jam di kantor, pastikan ia juga mendapatkan waktu untuk istirahat dan bersantai sejenak dengan melakukan hobi Anda.

Baca Juga: Kecelakaan Pesawat Membuat Trauma, Apa yang Harus dilakukan?

  1. Memberikan energi positif

Saraf-saraf otak yang tak lagi tegang selama melakukan hobi, menjadikan diri kita lebih tenang. Dan setelah menghabiskan waktu istirahat dengan menikmati hobi tersebut, akan terasa bahwa diri kita cenderung lebih positif karena tidak lagi memikirkan kecemasan, kemarahan, ketakutan, dan perasaan negatif lainnya. Lelah pun sering tak dirasa, karena kita melakukan hal yang kita sukai dan merasa segar setelahnya.

BacaJuga

Add New Playlist