Waspada! Cuaca Ekstrem Landa Kalteng 22-28 Februari

Kalteng Today – Palangka Raya, – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  (BMKG ) Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalteng meminta masyarakat setempat untuk berhati-hati dengan cuaca ekstrem yang disertai hujan sedang dan lebat juga petir untuk sepekan kedepan (22-28 Februari 2021).

“Kita minta masyarakat Kalteng jika terjadi awan yang berbentuk seperti  bunga kol , itu berarti akan turun hujan disertai petir , untuk itu diminta untuk tidak berada di bawah pohon , baleho untuk berlindung  dan jangan juga tetap tidak berada ditanah lapang karena hujan akan disertai petir dan angin kencang .”kata Prakirawan Bandara Tjilik Riwut Palangka raya , Candra  ,ketika dihubungi ,  Senin (22/2/2021).

Kondisi ini akan terjadi hampir diseluruh kabupaten di Provinsi Kalteng, untuk itu masyarakat diminta waspada dan berhati-hati terhadap dampak dari cuaca ekstrem seperti petir, angin kencang, banjir dan genangan ketika melakukan aktivitas diluar rumah , ujarnya.

Terjadinya hujan sedang dan lebat yang disertai angin kencang dan petir ini menurut Candra diakibatkan adanya di wilayah Kalteng sendiri untuk kondisi atmosfir labil atau tidak stabil dan ada beberapa wilayah yang terdapat pertemuan massa udara,dimana di wilayah pertemuan awan ini ada awan cumulonimbus atau akan ada badai petir dan hujan lebat.

Baca Juga :

4 Hari Terakhir, Kasus Positif Covid-19 Mengalami Lonjakan

7 Orangutan Kembali Dilepasliarkan Ke Hutan Lindung Bukit Batikap Kabupaten Mura

“Dan BMKG Kalteng terus melakukan update peringatan dini setiap waktu karena wilayah Kalteng atmosfirnya cukup labil,  ditambah lagi adanya belokan angin dengan pertumbahan awan semakin cukup besar.”ungkap Candra. [Red]

Baca Juga

Add New Playlist