Viral #BerkainBersama Challenge, Anak Gaul Kalteng juga Bisa Pakai Kain Benang Bintik

Kalteng Today – Lifestyle, – Ada banyak cara untuk menunjukkan bukti cinta pada tanah air. Salah satunya dengan bangga memakai pakaian khas dari daerah masing-masing untuk aktivitas sehari-hari.

Siapa bilang pakai kain cuma buat emak-emak di rumah yang gak ngerti cara bedain mana Kopi Kenangan mana kopi Janji Jiwa. No! anak gaul kekinian bisa lho hangout pakai ootd (outfit of the day) kainan.

Coba intip gaya Arawinda Kirana, salah satu anak muda yang memviralkan #BerkainBersama Challenge di Tiktok pribadinya. Ia mengunggah video yang menunjukkan beberapa anak muda yang sedang memakai kain kebanggan mereka. Ternyata pakai kain juga bisa terlihat modis.

@arawindakApa aku bikin series ya? 😂 Selamat berkain, biar tambah keren⭐️! #berkainbersama♬ Gypsy Woman by Crystal Waters – #MIYASTANASF😇

Asal muasal challenge ini berawal dari keseharian anak-anak Komunitas Swara Gembira yang memang kerap memakai kain dalam aktivitasnya. Bukan cuma buat gaya, tujuan utama mereka memang memperkenalkan dan mempertahankan salah satu budaya nasional, dengan kain tradisional.

Mereka memadukan fashion harian dengan outfit berbahan kain. Ada yang menjadikan kainnya sebagi dress, rok, mini skirt, outer, bahkan para cowok juga bisa lho gaul sambil kainan. Keren-keren banget.

Anak muda gaul Kalimantan juga harusnya bisa ikut challenge #BerkainBersama ini, dengan memamerkan salah satu kain khas Bumi Tambun Bungai. Seperti Kain Benang Bintik contohnya.

Kebayang kan anak-anak muda yang nongkrong di jalan-jalan Palangka Raya berkain dengan aneka motif beragam, seperti motif Huma Betang, motif ukiran, motif naga, motif senjata, batang garing dan berbagai jenis lain sesuai dengan apa yang dimiliki kain Benang Bintik.

Baca Juga:

7 Rekomendasi Serial TV Netflix Terbaik (bagian 2)

Yuk! Intip 8 Bangunan yang Baru Ditetapkan sebagai Cagar Budaya Palangka Raya

Fyi, corak beragam yang ada di kain Benang Bintik ini punya falsafah yang menjadi pedoman orang Dayak Kalimantan Tengah. Jadi di setiap motif yang dimiliki Benang Bintik memiliki filosofi sendiri yang dipegang erat dan dijadikan pegangan hidup orang Dayak.

Siapa yang bisa mengenalkan pakaian tradisonal daerah selain putra daerah itu sendiri. Itu sebab saatnya anak muda gaul Kalteng bisa menunjukkan jati diri dan kepribadian lokal dengan ikutan #BerkainBersamaChallenge sambil berkain Bintik.

Ada yang tertarik buat ikutan? [Red]

Baca Juga

Add New Playlist