Vaksinasi Covid-19 Jadi Game Changer Pemulihan Ekonomi Kalteng 2021

Kalteng Today – Palangka Raya, – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalteng  optimis pertumbuhan ekonomi Kalteng pada tahun 2021 semakin membaik dan meningkat.  Dan vaksin Covid-19 Menjadi Game Changer Pemulihan Ekonomi Kalteng Tahun 2021.

Hal itu dikatakannya Kepala Perwakilan BI Kalteng Rihando dalam rilis, Senin (11/1/2021).

Dijelaskannya, Vaksin Covid-19 merupakan salah satu dari beberapa indikator pemulihan Ekonomi Kalteng tahun 2021.

Selain  adanya vaksin COVID-19, terjaganya mobilitas masyarakat, pemulihan ekonomi negara partner dagang dan program pemerintah dalam berbagai sektor juga memiliki peran penting.

“Jadi vaksinasi Covid-19  akan Jadi Game Changer Pemulihan Ekonomi di Tahun  2021,”tegasnya.

Kepala Perwakilan BI Kalteng, Rihando
Foto : Humas BI Kalteng

Namun demikian kata dia,  efektivitasnya akan tergantung dari penerapan protokol Covid-19 yang disiplin dan ketat oleh masyarakat.

Selama masa vaksinasi, akan dibutuhkan waktu dalam distribusi dan proses vaksinasi kepada seluruh warga negara.

“Sehingga, melalui vaksinasi yang disertai dengan protokol Covid-19 yang baik, akan menjaga keberlangsungan mobilitas masyarakat, menciptakan aktivitas ekonomi, mendorong konsumsi dan meningkatkan permintaan yang lebih baik,”katanya.

Dia juga menyebutkan,  dari sisi eksternal, pemulihan ekonomi daerah akan terjadi seiring dengan pemulihan ekonomi negara partner dagang yang telah terjadi lebih dahulu meskipun tidak sebesar kondisi sebelum pandemi.

Menurut Rihando, Komoditas ekspor yang akan memberikan dampak pada neraca perdagangan luar negeri Provinsi Kalimantan Tengah yaitu batubara dan CPO.

Baca Juga: Jaga Kamtibmas, Polres Barsel Gelar Patroli di Pasar Beringin

Demikian juga program nasional food estate, apabila berjalan dengan lancar diperkirakan memberikan multiplier effect yang besar bagi perekonomian daerah baik dari sisi konsumsi, investasi maupun ekspor-impor.

“Momentum pemulihan ekonomi daerah, diperkirakan berlanjut pada tahun 2021 dan perlu dijaga kesinambungannya melalui sinergi membangun optimisme antar pihak yang didukung oleh komunikasi kuat oleh media,”kata Rihando. [Red]

Baca Juga

Add New Playlist