Selamat Ulang Tahun Youtube, Intip Video Perdana dan Kenalan dengan Pendirinya Yuk!

Kalteng Today -Entertainment, – Selamat ulang tahun yang ke-16 Youtube! Kids zaman now yang kesehariannya menonton segala macam konten video via platform yang satu ini wajib tahu, kalau tanggal 14 Februari 2005 adalah hari pertama kali berdirinya Youtube.

Sebelum diambil alih sama Mbah Google 2006 lalu, tiga sekawan Steve Chan, Chad Hurley dan Jawed Karim lah yang mendirikan dan mendaftarkan domain “youtube.com” sebagai media berbagi video di Internet.

Image by wikipedia

Gimana ceritanya? Jadi, 16 tahun lalu tiga sekawan mantan karyawan PayPal ini sedang nongkrong lucu di salah satu restoran Jepang dan pizza, sambil mencari video Justin Timberlake Superbowl Halftime Show di Internet.

O’ow ternyata mereka baru sadar kalau selama ini belum ada platform sebagai wadah berbagi video. Meski di saat itu sudah ada situs Google, chat online, dan sejenisnya.

Dari alasan itu lah terpikir sebuah gagasan untuk membuat situs video sharing yang mereka namai Youtube. Dalam situs ini mereka berharap bisa mewadahi berbagai video dari siapapun di manapun untuk berbagi konten.

Dari saat itulah perusahaan teknologi rintisan itu mulai berkembang hanya dengan modal investasi senilai $11,5 juta di akhir tahun 2005 dan awal 2006. Bahkan kantor perdana mereka ada di atas restoran Jepang dan pizzeria tempat pertama kali mereka nongkrong bertiga.

Gokil ya, sambil nongkrong aja mereka berhasil menciptakan sebuah platform yang sampai saat ini jadi situs terbesar untuk berbagi video.

Belum genap setahun dari awal mulai situs Youtube didaftarkan, mereka berhasil mengumpulkan lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta kunjungan video per hari. Hingga akhirnya YouTube menjadi situs ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet, setelah Google dan Facebook.

Setelah tahu siapa pendirinya, jadi penasaran video apa sih yang pertama kali diunggah Youtube. Coba kalian buka situs Youtube, ketik nama “Me at the zoo” di kolom pencarian, pasti muncul paling atas video milik akun Jawed yang diunggah 15 tahun lalu.

Yup, itulah video pertama yang diunggah di Youtube oleh pendirinya. Video yang diunggah 24 April 2005 ini memperlihatkan Jawed Karim sedang mendeskripsikan penampakan seekor gajah di salah satu kebun binatang di daerah San Diego, yang berdurasi hanya 18 detik saja. Video perdana Youtube ini sudah ditonton lebih dari 150 juta kali lho. Applause!

Mungkin di saat itu Karim cs belum memikirkan mereka akan menciptakan sebuah platform terbesar di dunia 16 tahun kemudian. Dan boom! Hasil kreativitas mereka menjadikan seluruh penduduk bumi merasakan kemudahan untuk berbagi konten video.

Baca Juga:

Viral #BerkainBersama Challenge, Anak Gaul Kalteng juga Bisa Pakai Kain Benang Bintik

7 Rekomendasi Serial TV Netflix Terbaik (bagian 2)

Semua konten yang kita cari, ada. Mulai dari hal super aneh atau gak penting, sampai materi-materi paling bermanfaat di dunia ini bisa ditemukan. Bahkan, banyak ‘orang biasa’ yang mendadak kaya raya, karena hasil nge-Youtube.

Terima kasih Youtube, sudah memberi banyak perubahan dan kemudahan dalam hidup di dunia yang serba digital seperti sekarang.

Dan, sekali lagi selamat ulang tahun! [Red]

Baca Juga

Add New Playlist