Polisi Awasi Ruang Pelayanan Publik di Seruyan Untuk Cegah Pungli

Kalteng TodayKuala Pembuang, – Personil Satuan Unit Propam Polres Seruyan melakukan pemantauan dan pencegahan penyalahgunaan wewenang dan pungutan liar di ruang pelayanan Satpas pembuatan SIM dan SKCK Selasa (6/4).

Kasi Propam AIPTU Dwi Priyono, SH mewakil Kapolres Seruyan AKBP Bayu Wicaksono, SH, SIK, MSi menegaskan disetiap ruang pelayanan masyarakat ditempatkan 1 personil Propam. Selain itu, urai Dwi, ruang pelayanan juga dipasang CCTV untuk mencegah penyalahgunaan wewenang anggota Polri dan mencegah terjadinya pungutan liar (pungli).

Dwi menambahkan, Propam juga memasang banner himbauan kepada masyarakat untuk tidak memberikan sesuatu kepada anggota Polri. “Saya juga meminta masyarakat segera melaporkan apabila ada pelayanan Polri yang tidak sesuai dengan prosedur,” tegas Dwi.

Dwi kembali menuturkan, adanya program Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) membuat Unit Propam terus meningkatkan kinerja dalam pengawasan tugas Kepolisian terutama yang berhubungan langsung dengan masyarakat seperti pelayanan SIM, SKCK, Samsat dan SPKT. “Ini kami rutin awasi demi kelancaran dari pelayanan personil kepolisian kepada masyarakat,” kata AIPTU Dwi.

Baca Juga : Meminimalisir Kerusakan Body dan Mesin Kapal, Ini yang Dilakukan Satpolairud Polres Seruyan

Tak hanya itu, dalam upaya mencegah pungli Unit Propam juga bekerja sama dengan Satgas Saber Pungli Kabupaten Seruyan untuk melakukan sosialisasi kepada petugas dan masyarakat serta ikut serta melakukan pemantauan di kantor Pelayanan Polri.

“Adanya Program Kapolres Seruyan untuk membangun Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Polres Seruyan menjadikan komitmen untuk mencegah terjadinya pungutan liar baik oleh oknum anggota Polri ataupun para calo,” pungkas Dwi [Red]

Baca Juga

Add New Playlist