Pelantikan Koordinasi Pencegahan Terorisme Akan Dihadiri Mendagri

Advertisements

kaltengtoday.com – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) 32 provinsi sejak tanggal 17 hingga 20 Februari 2020, berkumpul Mercure Convention Center Ancol Hotel di Jakarta. Tercatat 300 orang pengurus akan berembuk untuk membahas program kerja pelibatan masyarakat dalam pencegahan terorisme. Pertemuan dibalut melalui rapat kerja nasional (Rakernas) FKPT seluruh Indonesia.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui akun media sosial memastikan, Rakernas FKPT dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Dalam Rakernas VII, turut dilaksanakan pelantikan pengurus
FKPT 32 provinsi periode 2020-2022. Rakernas menjadi agenda rutin untuk membahas pelibatan masyarakat dalam pencegahan terorisme.

Ketua FKPT Kalteng Khairil Anwar dalam rilisnya menjelaskan, pihaknya sudah berada di Jakarta. Nantinya ada sembilan orang pengurus FKPT Kalteng yang dikukuhkan dalam acara pembukaan Rakernas VII.

Baca Juga

“Pengurus FKPT ada delapan orang, ditambah tiga orang sekretariat. Yang dilantik terdiri dari Ketua, Sekretaris Wakil Ketua merangkap bendahara, dan lima orang ketua bidang,” ungkap Khairil, di Jakarta, Senin (17/2).

Dijelaskan, program FKPT di seluruh provinsi dititik beratkan pada pelibatan masyarakat. Nantinya masing-masing bidang akan membahas program kerja untuk dilaksanakan di provinsi. Program kerja nantinya akan dikoordinasikan dengan pemerintah setempat. Hal itu agar FKPT bisa mendapatkan dukungan dalam menjalankan program.

Dikatakan, FKPT Kalteng berencana menggelar audiensi kepada Gubernur Kalteng untuk meminta dukungan. Setelah itu, diupayakan sinergi program. Hal itu agar program FKPT bisa dijalankan secara maksimal. FKPT tidak akan bisa bergerak tanpa ada dukungan dari sejumlah pihak. Keterlibatan masyarakat menjadi bagian penting dalam upaya pencegahan terorisme.

“Kita butuh dukungan pemerintah dan masyarakat. Kita ingin FKPT Kalteng mampu menjalankan fungsi dan tugas yang dibebankan,” tegas Khairil.

Sementara, Sekretaris FKPT Kalteng Agus Pramono menerangkan, kepengurus periode 2020-2022 dikukuhkan Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius. Kepengurusan terdiri dari berbagai latar belakang, baik akademisi, profesional, pers, dan tokoh masyarakat. Dalam bekerja, FKPT dibantu tiga orang tenaga sekretariat.

Agus mengatakan, kepengurusan FKPT Kalteng dipimpin Rektor Institut Agama Islam DR Khairil Anwar didampingi dirinya selaku sekretaris. Kemudian Wakil Ketua merangkap Bendahara Wilson. Ketua Bidang Penelitian dan Pengkajian DR Desi Erawati.

“Ketua Bidang Agama, Sosial dan Budaya di isi DR Syamsuri Yusup. Ketua Bidang Pemuda dan Pendidikan Rosna Dewita,” ungkapnya.

Ketua Bidang Perempuan dan Anak dijabat Kusatrisnilisnatalis. Ketua Bidang Media Massa, Hukum dan Humas M Haris Sadikin yang juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah. Gerald sebagai staf sekretariat, Bobby Gunawan sebagai staf IT, dan Yohanni Eveline Johannis sebagai staf keuangan. “FKPT tentunya bisa berjalan maksimal dengan dukungan Pemprov Kalteng.

Kami tetap butuh dukungan semua pihak, terutama Pemprov Kalteng. Itu agar seluruh program yang disusun bisa berjalan,” tegas Agus.

Dhann-KT

BacaJuga

Add New Playlist