Otak Udang, Durian Mahal yang di Hargai Murah

kaltengtoday.com – Ketika menyebut nama durian otak udang, tentu orang akan mengatakan itu durian asal Kabupaten Katingan,Kalteng , yang kelezatannya konon melebihi  musang king,  durian asal negeri Jiran yang kesohor itu.

Memang dari semua varian durian asal Kalteng, jenis otak udang inilah yang dikatakan paling lezat dan gurih.

Konon bagi para pencintanya,  kelezatan buah ini jauh lebih enak dari durian lainnya termasuk musang king, durian yang selama ini di klaim paling enak.

Keberadaan durian  otak udang ini tidaklah banyak, dan karena kelangkaan itulah maka harganya sangat mahal. Di pasaran Palangka Raya durian ini  bisa dihargai antara  Rp. 50-75 ribu  ribu per buahnya  untuk ukuran besar.

Namun tahukah anda,  didaerah asalnya yaitu  di pedalaman Kabupaten Katingan,  durian ini di hargai sangat murah, hanya sekitar  Rp. 20 ribu per buahnya. Pertanyaan, mengapa bisa demikian?.

Ternyata semua bermuara dari masalah transportasi darat yang belum memadai, yakni masih banyak jalan  yang sulit dilalui terutama  ketika musim hujan.

Kondisi ini tentu mengakibatkan para petani buah durian disana akan sulit memasarkan langsung, baik itu ke ibukota kabupaten atau ke Palangka Raya, dan mau tak mau harus  menjual kepada pengumpul yang datang ke desa mereka.

Rahmad, pedagang durian yang bisa man gkal diseputaran Jalan Diponegoro Palangka Raya mengaku tak mudah untuk mendapatkan durian jenis ini  di daerah asalnya.

Kata dia, biasanya dari 10 durian yang dibeli terkadang hanya ada 1 buah saja yang berjenis otak udang.

“Masyarakat juga kalau membeli durian selalu menanyakan durian  jenis otak udang ini,”

Ia mengaku mahalnya harga jual durian jenis ini karena selain memperolehnya sulit karena harus kepedelaman yang terkadang dengan  kondisi jalan yang masih rusak terutama dimusim  hujan.

“Karena langka dan sulit dapatnya kami juga menjualnya agak mahal sedikit dibanding durian biasa,”ujarnya.

 

Dhann-KT

Baca Juga

Add New Playlist