Mitos dan Fakta Sebenarnya Mengenai Diet

Kalteng Today – Lifestyle, – Banyak sekali orang yang melakukan diet tanpa informasi yang jelas dan akurat atau pun pendampingan dari dokter dan ahli nutrisi, bahkan terang-terangan melakukan diet ekstrim. Informasi yang beredar, mulai dari acara televisi, internet, hingga pengalaman dari para selebritis seringkali tidak kita telaah dan cari kebenarannya dahulu, melainkan kita terapkan langsung tanpa pertimbangan apa pun yang tentu akan membuat diet kita berbahaya.

Untuk membantu menemukan informasi yang benar, berikut penjelasan mitos dan fakta yang paling banyak beredar seputar diet atau cara menurunkan berat badan:

  1. Mengurangi makanan berkarbo dapat menurunkan berat badan.

Fakta.

Yang harus diperhatikan, terdapat karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, yaitu seperti kue dan permen, yang minim vitamin, mineral, dan serat. Mengurangi makanan manis ini adalah cara yang sehat. Sedangkan makanan dengan karbohidrat kompleks, yaitu roti gandum, kacang-kacangan, serta buah-buahan yang memiliki lebih banyak nutrisi, haruslah tetap dipertahankan pada menu makan sehat kita.

  1. Label ‘rendah lemak’ atau ‘tanpa lemak’, berarti tidak menggemukkan badan.

Mitos.

Faktanya, banyak makanan rendah lemak atau tanpa lemak telah menambahkan gula, pati, atau pun garam sebagai pengganti pengurangan lemak. Dan tentunya pengganti lemak tersebut memiliki kalori yang sama, atau bahkan bisa lebih banyak dari lemak yang seharusnya. Lebih baik, periksa label nutrisi pada kemasan untuk mengetahui berapa banyak kalori pada satu porsinya. Pastikan pula untuk memeriksa ukuran dari porsinya juga.

  1. Makan malam membuat gemuk.

Fakta.

Jika terlalu larut pada saat makan malam, akan cenderung menambah berat badan. Terutama, kebiasaan untuk makan malam dengan pilihan makanan yang berkalori tinggi. Hal ini, berlaku juga bagi yang terbiasa untuk ngemil setelah makan malam. Seringkali, mereka tidak dapat tidur nyenyak jika tidak menuruti keinginan ngemil camilan tidak sehat tersebut. Karenanya, batasi diri pada camilan tidak sehat dan alihkan pada yogurt atau biskuit sehat. Dan perhatikan pula jam makan malam Anda, supaya tidak lebih dari pukul tujuh malam.

Photo by Bill Oxford on Unsplash
  1. Puasa dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

Mitos.

Puasa akan menjadi tidak sehat, jika lapar sepanjang hari dan diakhiri dengan makan besar untuk menggantikan semua kalori yang telah dilewatkan sebelumnya. Puasa yang tidak sehat tersebut, bukannya menghilangkan lemak, tetapi malah membuat kehilangan banyak otot. Lebih baik, lakukan diet namun tidak mengurangi makanan dengan sumber kalori yang sehat. Kurangi makanan olahan dan minuman manis. Jangan diet dengan tidak makan sama sekali.

Baca Juga : Mitos dan Fakta Sebenarnya dari Menangis

  1. Semua produk susu dapat menggemukkan dan tidak sehat.

Mitos.

Tentu tergantung pada jumlah yang dikonsumsi, bisa saja dapat menggemukkan jika berlebihan mengonsumsinya. Susu mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu organ bekerja dengan baik, serta mengandung kalsium untuk memperkuat tulang karenanya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Produk susu yang memiliki label ‘bebas lemak’ atau pun ‘tanpa lemak’, sebenarnya memiliki kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan produk susu yang terbuat dari susu murni.

  1. Makanan bebas gluten akan menyehatkan tubuh.

Gluten adalah protein yang terkandung dalam gandum, barley, dan biji-bijan gandum hitam. Makanan bebas gluten tentu baik bagi yang menderita penyakit celiac atau sensitif terhadap gluten. Namun, jika tidak memiliki masalah tersebut dan memutuskan untuk menghindari gluten, dapat mengakibatkan kita kekurangan vitamin, serat, serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Diet bebas gluten bukanlah diet penurun berat badan, karena memang tidak dimaksudkan untuk membantu menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan tentu tidaklah mudah. Dibutuhkan komitmen dan konsistensi luar biasa untuk mencapai berat badan ideal yang sehat. Makan dengan pola makan yang benar dan memakan makanan sehat, serta berolahraga adalah yang paling penting yang harus dilakukan. [Red]

Baca Juga

Add New Playlist