Kaleidoskop 2020: 10 Kejadian Yang Viral Hebohkan Media Sosial

Advertisements

Kalteng Today – Entertainment, – 2020 sudah mendekati ending, gerbang 2021 di depan mata. Apakah resolusi tahun ini sudah terlaksana? Jangan sedih, pandemi bisa jadi alibi bahwa ada banyak hal tertunda dan belum sempat terealisasi.

Bicara tentang tahun 2020, semua fokus pasti tertuju pada virus corona yang datang menghantam seluruh penjuru dunia. Membatalkan rencana, meruntuhkan perekonomian, bahkan menghilangkan banyak nyawa.

Virus corona, adalah bintang panggung dunia tahun 2020 yang menyita perhatian siapapun sepanjang tahun.

Baca Juga

Sedih, tapi semua harus dilewati. Di dunia hiburan, ada beberapa kejadian yang beberapa di antaranya kesedihan sejenak teralihkan.

Mulai dari berita bully-an Lutfi ‘Anjayani’, sampai beredarnya video pemersatu bangsa berdurasi 19 detik.

Berikut ini, rangkuman peristiwa atau hal-hal viral yang terjadi sepanjang tahun 2020. Kamu ngikutin yang mana aja?

Glenn Fredly, Didi Kempot, dan  Ashraf Sinclair Meninggal Dunia

Sebelum berita Covid-19 ‘tiba’ di Indonesia, dunia hiburan tanah air berduka atas meninggalnya suami penyanyi Bunga Citra Lestrasi, Ashraf Sinclair, Februari 2020 lalu. Disusul dengan berita kehilangan berikutnya. 8 April, saat salah satu musisi terbaik Glenn Fredly juga tutup usia karena sakit meningitis yang dideritanya. Seolah tidak dibiarkan berhenti menangis, Indonesia kembali dibuat berduka ketika sang maestro legendaris Didi Kempot mengembuskan nafas terakhirnya sebulan setelah Glenn meninggal dunia. Kehilangan tiga public figure ini sempat merajai trending topik di Indonesia.

Viral Lagu Lathi

Image by matamatamusik.com

Sepanjang pertengahan 2020, lagu Lathi viral di berbagai platform music dan dunia maya. Mulai dari spotify, Youtube, hingga Tiktok. Bukan cuma lagu, bahkan #lathichallenge juga sempat hebohkan dunia per-makeup-an di medsos. Meski lagu hasil kolaborasi antara Weird Genius dan Sara Fajira ini sempat disebut ajaran sesat, namun prestasinya tercium sampai ke kancah internasional hingga tampil di Billboard Times Square New York.

Bintang Emon dan DPO-nya

instagram.com/bintangemon/

Nama Bintang Emon langsung mencuat dan dikenal masyarakat luas dalam waktu singkat setelah opininya tentang covid-19 muncul di Instagram Maret 2020 lalu. Suara lantang dengan bahasa kocaknya menyindir orang-orang yang cuek pada virus Corona berhasil membuat namanya disorot di mana-mana. Hingga sekarang selain sebagai standup comedian, ia dikenal sebagai ‘penyambung lidah netizen’ karena kerap mengkritik keresahan warga +62 di media sosial maupun kasus-kasus dunia nyata.

Dita Karang debut sebagai Girl Group Korea

Image by DBL.id

Buat pecinta K-Pop, pasti tahu berita salah satu gadis cantik asal Yogyakarta, Dita Karang debut sebagai anggota girlband Korea ‘Secret Number’. Dita adalah satu-satunya orang Indonesia yang debut sebagai member girlband Korea Selatan. Beritanya sempat viral dan jadi sorotan di semua media sosial di pertengahan Mei 2020. Kamu tahu gak?

Lutfi Agizal di-Bully gara-gara Anjay

Image by Kapanlagi.com

Lutfi Agizal juga sempat menjadi salah satu nama yang paling banyak dibicarakan netizen Indonesia, hingga masuk trending topik media sosial Agustus lalu. Sayagnya bukan karena prestasi, tapi karena memprotes penggunaan kata ‘Anjay’ yang ia anggap negative dan harus dilarang penggunaannya. Bukan mendapat dukungan, warga justru pernyataannya jadi kontroversial dan ia dihujat netizen hingga namanya viral.

Bu Tejo, Ibu Nyinyir di Film Tilik

Image by LPM Dinamika

Masih ingat dengan nyinyiran tajam Bu Tejo di film Tilik? Film yang diunggah 2018 lalu tiba-tiba viral Agustus 2020. Film sederhana yang menceritakan perjalanan ibu-ibu yang akan menjenguk orang sakit ini dianggap sangat related dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Karakter Bu Tejo pun seketika masuk trending topik hingga diundang di berbagai acara talkshow di Televisi.

 Odading mang Oleh

“Odading Mang Oleh, rasanyas seperti Anda menjadi Iron Men”, September lalu jargon Ade Londok ketika mempromosikan Odading Mang Oleh viral di mana-mana. Bahkan Ade Londok sempat tampil di televisi dan menjadi duta kuliner Jawa Barat. Meski kini, Ade Londok berhenti di dunia hiburan, karena gak kuat dengan komentar netizen di media sosial.

Omnibus Law RUU Cipta Kerja

Image by majalahsedane.org

Di tengah kesulitan karena pandemi, rakyat Indonesia dibuat kecewa dan menjerit ketika DPR RI membuat Rancangan Undang-undang Cipta Kerja yang dianggap merugikan rakyat kecil. 12 poin Omnibus Law RUU cipta kerja menjadi sorotan masyarakat, demo di mana-mana, viral di dunia maya dan digeruduk masa di dunia nyata.

Video 19 Detik Gisella Anastasia

Image by Kumparan

Awal November lalu, video ’19 detik’ nangkring di posisi trending topik semua media sosial. Nama Gisella Anastasia hingga Gempi viral di mana-mana. Ini terjadi karena beredarnya video mesum mirip Gisel berdurasi 19 detik. Hingga kini, kasusnya masih berjalan dan ditangani kasus kepolisian.

Dimas, Penjual bakso mirip Rafi Ahmad

Image by Liputan6.com

Belum lama ini, tepatnya awal November, heboh penjual bakso yang mirip dengan Rafi Ahmad. Dimas, adalah pemuda beruntung yang akhirnya ditemui Raffi Ahmad. Bukan hanya bertemu, Raffi bahkan membiayai kuliah Dimas hingga diberi banyak hadiah dan barang branded. Rezeki anak sholeh.

Baca Juga: Film Tilik Mendadak Viral, Karakter Bu Tejo si Tetangga Nyinyir jadi Trending Topik

Itulah beberapa info ringan di dunia hiburan yang sempat menguasai media sosial sepanjang tahun 2020. Masih ada banyak kasus yang menyita perhatian sepanjang tahun, demi mengalihkan sedikit perhatian akan wabah virus corona yang membuat kita ‘dikarantina’ masal selama hampir satu tahun penuh.

Hingga saat ini bumi belum aman dari pandemi, tetap jaga kesehatan ya Guys. Selamat menyongsong gerbang tahun 2021. [Red]

BacaJuga

Add New Playlist