Juan Claudio, Atlet Panahan Kalimantan Tengah Lolos Pelatnas Seagames 2021

Kalteng TodayPalangka Raya, – Pengprov Perpani Kalimantan Tengah harus bangga melepas satu-satunya atlet panahan yang diminta PB Perpani (Pengurus Besar Persatuan Panahan Seluruh Indonesia) di ajang seleknas Pelatnas Seagames 2021.

Yup, adalah Juan Claudio, salah satu putra Kalteng yang berhasil menduduki ranking kedua seleknas kategori recurve putra dalam Pelatnas Seagames 2021 yang diadakan pada 20-21 Oktober kemarin.

“Alhamdulillah, berdasarkan hasil akhir skor ranking seleknas Pelantas Seagames 2021, satu atlet panahan Kalteng, Juan Claudio berhasil menduduki ranking kedua. Ini adalah sebuah prestasi membanggakan”, ungkap Ade Supriyadi, Ketua Umum Pengprov Perpani Kalteng.

Baca Juga

Meski demikian tentu saja perjalanan Juan belum selesai, karena setelah test scoring masih ada dua tahapan test lain yang harus dilalui, yaitu tes mental kepribadian dan antropometri. Tapi apapun hasilnya, Juan Claudio harus tetap semangat membawa harum nama Bumi Tambun Bungai ke kancah nasional dan semoga bisa juga international.

Bicara tentang panahan, ini memang salah satu cabang olahraga unggulan Kalimantan Tengah selain Pencak Silat  dan Dayung. Meski sarana dan prasarana Latihan terbatas, faktanya atlet-atlet panahan di Kalimantan Tengah selalu penuh semangat menjalani Latihan dan selalu memberikan hasil terbaik untuk Kalteng di berbagai kejuaraan tingkat nasional.

Olahraga panahan memang mengasah atlet untuk fokus menjadi pemenang. Ini merupakan salah satu filosofi dalam olahraga panahan dan juga bisa diterapkan untuk kehidupan nyata. Fokus pada tujuan, tidak melenceng dari target yang ingin dicapai. Panahan juga menumbuhkan sikap percaya diri dan berani.

Image by borneonews

Kalau dilihat dari beberapa manfaat olahraga panahan secara medis ada banyak sekali keuntungan yang didapat dari olahraga panahan, di antaranya:

Mengontrol keseimbangan, antara menahan tubuh dan membidik untuk melepas tembakan

Menguatkan tubuh bagian atas, terutama otot-otot lengan, dada, bahu, dan punggung

Melatih koordinasi antara mata yang membidik dan tangan yang melepas anak panah

Menyehatkan jantung, kekuatan otot, dan kekuatan kaki. Terutama saat bolak balik untuk mengecek hasil tembakan interval panjang

Fokus, bukan hanya untuk mencapai target. Latihan fokus di panahan ternyata bagus untuk kesehatan mental

Relaksasi, melepas panah, melihat busur terbang, dan mendengar suara sampai di bulatan target dipercaya mampu membantu menghilangkan stress.

Baca Juga: Kalteng Today Terima Penghargaan Dari Balai Bahasa Kalteng

Apakah kamu salah satu orang yang suka olahraga panahan?

Anyway, sekali lagi congrats untuk Joan Claudio, Kalteng bangga mengirimkan salah satu putra daerah ke pelatihan selanjutnya. Apapun hasil yang diraih Joan, akan selalu mendapat tepuk tangan kepuasan dari warga Kalimantan Tengah.

Selamat berjuang Joan!

BacaJuga

Add New Playlist