Cara Mudah Menciptakan Rumah yang Nyaman selama Pandemi

Kalteng Today – Lifestyle, – Tinggal di dalam rumah selama pandemi virus Corona, merupakan sebuah tantangan yang cukup serius terutama bagi Anda yang selama ini terbiasa bepergian ataupun lebih nyaman berada di luar rumah. Berada dalam ruangan yang sempit selama berbulan-bulan, tentu akan membuat suasana hati cenderung gelisah dan mudah marah. Hal tersebut tidak boleh kita anggap remeh, karena dapat berbahaya bagi kesehatan mental dan juga fisik kita.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menyegarkan ruang gerak kita dan membuat suasana hati kita membaik. Perubahan kreatif di bawah ini, tidak hanya akan membuat diri kita lebih nyaman dan sehat, namun juga lebih bersemangat serta produktif, terutama bagi Anda yang bekerja dari rumah.

  1. Jaga agar tetap bersih dan rapih.

Rumah adalah bentuk ekspresi dari apa yang kita rasakan, jika ingin merasa benar-benar rileks dan nyaman berada di dalamnya maka berusahalah untuk membuatnya selalu tampak bersih. Tidak hanya membersihkan permukaan lantainya saja, tapi juga mencuci tirai, seprai dan sarung bantal secara teratur. Dan biasakan untuk selalu merapihkan barang setelah digunakan, agar tidak berantakan.

  1. Semprot dengan pewangi ruangan atau menyalakan aromaterapi elektrik.

Pilihlah pewangi ruangan atau aromaterapi yang harum dan menyegarkan. Wanginya akan memenuhi seluruh ruangan, membuat kita lebih bersemangat bekerja dan nyaman di rumah.

  1. Tambahkan cahaya ekstra.

Pencahayaan yang kurang ataupun buruk akan membuat rumah gelap dan terasa kurang menarik. Karenanya, tambahkan beberapa lampu dan tempatkan dengan baik pada tiap ruangan. Pastikan beberapa lampu tersebut tidak hanya memancarkan cahaya putih, namun juga kuning yang berfungsi untuk meningkatkan perasaan rileks dan nyaman.

Photo by Manja Vitolic on Unsplash
  1. Memelihara tanaman.

Tanaman yang dominan berwarna hijau dapat memengaruhi suasana hati kita secara positif serta mengurangi stres.  Tanaman ikut membantu meningkatkan kualitas udara dengan mengilangkan beberapa racun dan debu yang beterbangan di sekitarnya. Selain itu, bermanfaat pula untuk membantu mengistirahatkan mata kita setelah lama menatap layar laptop.

  1. Bermain dengan warna.

Warna juga dapat memengaruhi suasana hati kita. Warna-warna cerah memberikan kita energi dan semangat, sedangkan warna-warna netral dapat memberikan efek sejuk yang menenangkan. Jika memungkinkan, ganti warna yang mendominasi beberapa ruangan utama dari rumah, seperti kamar tidur dan ruang keluarga. Cara termudah tanpa harus mengecat ulang dinding rumah, yaitu dengan cara mengganti seprai atau selimut di kamar tidur, sarung bantal di sofa ruang keluarga dengan warna dan motif yang lebih menarik dipandang serta membuat diri kita nyaman.

  1. Gantung dan pajang foto-foto keluarga atau benda-benda kenangan.

Dengan menggantung dan memajang foto-foto keluarga ataupun benda-benda kenangan dari masa kecil, akan mengingatkan kita pada keluarga dan rumah yang pertama kali membuat kita merasa aman dan dicintai. Memang bukan berarti kita bisa menciptakan kembali momen-momen yang telah berlalu, namun setidaknya dapat selalu mengingatkan dan mendekatkan kita pada hal tersebut.

Baca Juga : Mitos dan Fakta Sebenarnya dari Aturan dan Manfaat Minum Air

  1. Taruh benda-benda inspiratif, terutama di beberapa ruangan utama.

Dapat berupa foto-foto atau benda-benda yang dibeli pada saat liburan, lukisan dengan warna favorit, lampu antik, dan sebagainya yang dapat memberikan Anda inspirasi dan motivasi untuk selalu bersemangat dan produktif.

Rumah lebih dari sekedar tempat untuk beristirahat di malam hari dan diakhir pekan saja. Semenjak pandemi virus Corona, rumah menjadi tempat tinggal sekaligus tempat untuk kita bekerja. Karenanya, jagalah selalu kebersihan dan kenyamanan rumah agar tingkat produktivitas kita juga selalu stabil bahkan meningkat. [Red]

Baca Juga

Add New Playlist