Cara Agar Selalu Berpikir Positif Selama Pandemi Virus Corona

Advertisements

Kalteng Today – Lifestyle, – Hidup memang selalu penuh kejutan. Tak ada satupun orang menyangka bahwa virus bernama Corona ini pada akhirnya dapat mewabah ke hampir seluruh dunia, bahkan mengakibatkan kelumpuhan secara ekonomi di banyak negara.

Tak terasa sudah hampir setahun, wabah Corona melanda Indonesia. Dan semenjak itu pula, seluruh masyarakat diminta untuk tetap berada di dalam rumah. Sekolah ditiadakan, kantor-kantor di tutup, begitupun juga dengan tempat perbelanjaan yang dibatasi jam operasionalnya serta kapasitas pengunjungnya.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat diharapkan dapat berjalan beriringan atau terbiasa dengan adanya wabah ini. Karena sepertinya Corona tidak dapat menghilang begitu saja, akan berlangsung cukup lama. Terlihat dari masih banyaknya korban akibat virus mematikan tersebut.  Berarti kita harus terus berjuang bertahan dari serangannya, sembari tetap melakukan aktivitas sehari-hari seperti pada masa sebelumnya.

Baca Juga

Dalam mematuhi prosedur utama dari pencegahan Covid-19, yaitu untuk sedapat mungkin melakukan semua aktivitas di dalam rumah. Sering kali kita merasakan stres dan frustasi karena tidak terbiasa berbulan-bulan tanpa melihat dunia luar. Dulu terbiasa untuk pergi sekolah atau bekerja hingga berbelanja, bertemu sanak-saudara dan berjalan-jalan melepas lelah dan stres, kini malah dipaksa untuk melakukan semuanya di dalam rumah.

Rasanya sulit sekali untuk tetap menjaga keoptimisan kita, bahkan untuk orang yang biasanya paling positif sekalipun. Tetapi, apakah Anda tahu bahwa pikiran negatif tersebut dapat menumpuk dan membuat kita menjadi target yang mudah untuk terkena penyakit?

Karenanya selain melindungi tubuh, harus pula diikuti dengan sehatnya hati dan pikiran kita. Jika hati dan pikiran kita sehat, otomatis kita akan selalu melihat segalanya dari sudut pandang yang berbeda sehingga seberat apapun masalah hidup yang akan datang dapat kita cari solusinya dengan tenang. Bonus tambahannya adalah kondisi fisik tubuh kita pun pasti akan lebih sehat dan kuat.

Photo by Carl Barcelo on Unsplash

Berikut hal-hal yang dapat kita lakukan untuk terus berenergi positif:

  1. Batasilah apa yang kita tonton, baca, dan dengar.

Dalam hal ini, tidak bermaksud untuk menutup mata dan telinga akan berita penting di luar sana tetapi membatasi waktu yang akan dihabiskan untuk itu.

  1. Bersyukurlah setiap hari.

Dengan bersyukur, sepelik apapun masalah yang ada akan membuat kita merasa jauh lebih diberkahi. Meskipun berat untuk dihadapi, kita justru makin termotivasi untuk menjalani hari demi hari dengan lebih baik lagi.

  1. Lihatlah dari sudut pandang yang berbeda.

Sering kali kita harus dihadapkan pada hal yang buruk dulu untuk dapat menilai sesuatu yang baik di sekitar kita. Situasi pandemi seperti ini memang mencekam dan menyedihkan, namun sebenarnya ada pula hal-hal baik karenanya. Seperti meningkatkan rasa empati dan simpati pada sesama, menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga, belajar hal baru, dan masih banyak lagi.

  1. Jagalah pikiran serta tubuh kita.

Banyak aktivitas dan cita-cita yang mungkin terlupakan pada saat sibuk dengan aktivitas sehari-hari kita dulu, dan kini adalah saat yang tepat untuk melakukannya. Entah itu berolahraga, bercocok tanam, belajar bahasa asing, bahkan membuat usaha rumahan yang siapa tahu malah akan memberikan kita penghasilan tambahan.

Baca Juga:

Anak Kampung di Kotim Buat Chanel Youtube The Family Big Boss

Terungkap! Video Syur Gisel Direkam Sendiri Pakai Ponsel. Apa Alasan Orang Merekam Dirinya Saat Berhubungan Intim?

  1. Tersenyumlah dan bagi energi positif kita pada orang lain.

Memang lebih mudah untuk dikatakan daripada dilakukan. Namun percayalah, dengan lebih banyak tersenyum di hati dan mulut kita maka hidup akan terasa lebih ringan dihadapi meski masalah yang ada membutuhkan proses dan waktu untuk diselesaikan. Pastikan pula, bahwa apapun yang kita lakukan dan bicarakan pada orang lain akan memberikan dampak positif pula bagi mereka.

Tidak pernah ada orang yang siap untuk keluar dari zona nyamannya. Tetapi, bukankah kesuksesan ada karena kita mau untuk berubah? Setidaknya pandemi berkepanjangan ini mengajarkan kita satu hal, yaitu selalu mempersiapkan diri kita pada masa depan yang tak terduga dengan pola pikir yang juga selalu positif. [Riffa JP]

BacaJuga

Add New Playlist