7 Tempat Wisata yang Punya Sejarah Mistis Hingga Tragis, Ada di Kalimantan Juga Lho

Kalteng Today – Entertainment, – Menurut KBBI, wisata artinya bepergiaan bersama-sama dengan tujuan untuk bersenang-senang, menambah pengetahuan, dan lain-lain. Jadi, kalau kalian berniat untuk berwisata harus dapat antara dua itu tadi, kesenangan atau namba ilmu.

Nah, mengerucut ke pemahaman wisata yang juga berfaedah untuk memperluas wawasan, ada baiknya kalian juga mengenal sejarah lokasi wisata daerah yang ada di Indonesia.

Sekarang sih memang dijadikan tempat wisata, tapi tahu gak kalau 7 di antara tempat wisata di Indonesia ini justru dulunya punya sejarah yang kelam, penuh misteri, bahkan tragis Guys.

Mau tau tempat wisata apa saja? Simak daftarnya!

  1. Museum Fatahillah, Jakarta – Peristiwa Geger Pecinan 1740

Kota Tua dan Museum Fatahillah adalah dua nama yang tidak bisa dipisahkan. Kalau kalian berkunjung ke Kota Tua, Jakarta, sudah pasti nongkrongnya di Museum Fatahillah. Area paling favorit dikunjungi wisatawan, bahkan sering dijadikan ‘markas’ anak nongkrong milenial, komunitas, bahkan jadi tempat foto pre wedding.

Sekarang emang serame dan semenarik itu buat dikunjungi, tapi tahu gak kalau museum ini punya sejarah kelam?

Sekitar tahun 1740-an, Museum Fatahillah pernah jadi tempat eksekusi mati ribuan orang etnis Tionghoa di masa pemerintahan Gubernur Hindia Belanda Adriaan Valckenier. Peristiwa berdarah dikenal dengan nama Geger Pecinan.

  1. Hutan Jati Petak 45F, Kendal, Jawa Tengah – Tempat Ekeskusi simpatisan PKI 1965
wowkeren.com

Jangankan dulu, sekarang pun Hutan Jati Petak 45F masih terasa hawa kemistisannya ketika dikunjungi. Jadi memang bukan tempat wisata indah yang bisa menentramkan hati saat piknik ke tempat ini.

Konon, sejarah mencatat hutan jati yang terletak di Desa Darupono, Kaliwungu Selatan, Kendal, Jawa Tengah ini memang pernah menjadi saksi bisu pembantaian orang-orang yang diduga simpatisan PKI.

Di tahun 1965, para pengikut PKI bahkan dipaksa untuk menggali lubang untuk makam mereka sendiri, sebelum akhirnya ditembak mati. Sadis banget ternyata!

  1. Gua Jepang, Bandung – Lokasi tewas para Romusa, 1945
indonesiatraveler

Pernah berkunjung ke Gua Jepang, Bandung? Salah satu tempat wisata dan bahkan sering menjadi lokasi shooting berbagai kebutuhan hiburan seperti film atau acara reality show.

Tempat wisata yang satu ini memang terkenal menyeramkan. Dan tahu kah kamu, sejarah tragis sebelumnya?

Gua yang terletak di Taman Hutan Ir. Juanda, Dago Atas, Bandung ini adalah tempat pembantaian prajurit Jepang oleh sekutu, juga saksi bisu tewasnya ratusan pekerja paksa alias Romusa.

  1. Pulau Kumala, Tenggarong, Kalimantan – Sarang makhluk halus
Pulau Kumala

Kalau kalian berkunjung ke Kota Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, pasti tahu dong ada sebuah tempat Instagrammable yang kekinian sering dikunjungi wisatawan dan sering dijadikan tempat nongkrong anak muda.

Yup, namanya Pulau Kemala. Pulau cantik yang kini disulap jadi tempat wisata kekinian yang disukai banyak orang, punya banyak spot selfie atau sekadar melihat pemandangan.

Tidak banyak yang tahu, sebelum tahun 2000 silam, Pulau Kemala adalah sebuah tempat angker dan penuh aura mistis. Bahkan dijuluki pulau kosong, karena saking tidak pernah terjamah manusia.

Saking lamanya pulau ini dibiarkan kosong, bahkan tempat ini dijuluki sebagai sarang makhluk halus. Tidak sedikit orang yang sering diganggu penampakan sosok wanita cantik berwajah pucat bahkan genderuwo.

Nah, lho, kalau sudah tahu sejarahnya masih berani berkunjung kan?

  1. Lawang Sewu, Semarang – Tempat penjara dan kuburan
heritage.kai.id

Siapa yang gak kenal Lawang Sewu? Meski belum pernah berkunjung ke Gedung megah bernuansa putih ini, pasti sebagian besar rakyat Indonesia tahu salah satu tempat wisata yang juga menjadi salah satu ikon kota Semarang ini.

Sejarah menyebutkan, Gedung Lawang Sewu dibangun tahun 1904 untuk digunakan sebagai kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS.

Namun di masa penjajahan Jepang, kantor ini pernah disulap menjadi penjara bawah tanah yang digunakan untuk menyiksa pribumi.

Tidak hanya itu, Lawang Sewu juga menjadi saksi berdarah tempat pertempuran antara Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) melawan Jepang. Di tempat ini juga lah para pemuda yang tewas dimakamkan, sebelum akhirnya dipindahkan ke taman makam pahlawan pada tahun 1975.

Gedung cantik ini ternyata punya history kelam dan tragis.

  1. Pulau Nusa Barung, Jember – Arena perang antara Kerajaan Blambangan dan Pemerintah Belanda
indonesiatraveler

Nusa Barung, Jember, Jawa Timur, salah satu pulau cantik yang terkenal dengan keindahan alami dan hamparan pasir putih dengan barisan pohon yang mengelilinginya, asri bangettt.

Tapi, ini sekarang. Beda dengan masa lalu, sekitar tahun 1777 pulau ini adalah tempat peperangan antara Kerajaan Blambangan melawan Pemerintahan Belanda yang menewaskan banyak nyawa.

Sejarah memilukan tentang tempat ini menjadikannya terlarang bagi penduduk setempat. Hingga akhirnya di tahun 1920 pulai ini resmi dijadikan salah satu cagar alam Indonesia.

  1. Gua Jamblang, Yogyakarta – Pembantaian massal
garudacitizen

Tempat wisata terakhir yang paling populer dan juga memiliki sejarah kelam adalah Gua Jamblang, Yogyakarta. Bagi para backpacker, traveler, dan wisatawan asing gua ini sangat terkenal dan menantang untuk dikunjungi.

Gua dengan dinding berbentuk jurang curam yang memerlukan alat bantu untuk menuruninya ini sangat terkenal dengan keindahan sinar matahari yang dikenal dengan ‘cahaya surga’.

Gak heran kalau ratusan wisatawan berbondong-bondong ingin datang ke tempat ini setiap pekannya.

Di balik keindahan cahaya surga Gua Jamblang, di tempat inilah terjadi peristiwa pembantaian massal ratusan orang yang dituduh terlibat PKI atau Partai Komunis Indonesia.

Orang-orang yang tertuduh dibariskan berjejer di mulut jurang dan saling terikat. Ketika satu orang ditembak, maka semua orang yang terikat bersamanya ikut terjatuh ke dasar gua dan tewas seketika.

Bikin merinding bacanya Guys.

Itulah deretan tempat wisata indah yang dimiliki Indonesia yang ternyata dulunya jauh dari kesan indah dan cantik. Beberapa diantara menyimpan sejarah kelam, mistis, bahkan kisah yang tragis.

So, berwisata ke tempat ini, selain menikmati keindahannya, kalian juga bisa mempelajari sejarah untuk menambah wawasan tentang berbagi peristiwa di Indonesia. [Red]

Baca Juga

Add New Playlist