6 Cara Mengatasi Kejenuhan dan Kelelahan Bekerja dari Rumah

Kalteng Today – Lifestyle, – Dari yang awalnya merasa bersemangat karena bekerja dari rumah selama pandemi, akhirnya tiba di satu titik kita merasakan kejenuhan, bahkan kelelahan dalam ritme Work from Home (WFH). Jika dulu kita begitu senang karena berbagai alasan, seperti tak perlu bertatap muka dengan atasan atau rekan kerja yang menyebalkan, hingga memiliki lebih banyak waktu luang di rumah. Kini, kita merasa begitu bosan dengan rutinitas yang sama.

Meski sebagian orang tetap lebih suka untuk bekerja dari rumah semenjak pandemi berlangsung, namun banyak pula yang seakan terjebak dalam hidup baru mereka yang monoton. Terutama bagi mereka yang tinggal di dalam apartemen atau pun kamar kos yang sempit.

Seandainya keadaan sudah jauh membaik, tentu kecenderungan merasa jenuh akan minim. Karena kita masih bisa melihat dunia luar dengan leluasa. Sebaliknya, kondisi yang tidak dapat kita ketahui kapan akan berakhir ini membuat kita mau tidak mau menerima apa pun pilihan yang ada, termasuk untuk lebih lama berada di dalam rumah. Jika tidak, rasa tidak termotivasi, lesu, dan suasana hati yang buruk secara terus-menerus dapat merusak kesehatan mental kita.

Supaya dapat terus mempertahankan semangat dan gairah untuk terus berkarya, berikut cara-cara yang dapat di aplikasikan:

  1. Rapikan dan dekor ulang tempat kerja.

Sering tanpa disadari, salah satu hal yang membuat kita merasa bosan dan lelah bekerja dari rumah, adalah karena meja kerja dan sekitarnya yang menbuat kita tidak nyaman. Coba rapikan dan simpan barang-barang yang tidak diperlukan. Lalu dekor ulang, misalnya dengan mengganti kursi kerja yang lebih nyaman dipakai duduk berjam-jam dan cat dinding dengan warna cerah. Tipe minimalis pada ruang kerja, telah terbukti memberikan banyak dampak positif pada produktivitas kerja.

Photo by Jane Palash on Unsplash
  1. Berpindah tempat kerja.

Jika biasanya Anda bekerja di dalam kamar tidur, sesekali berpindah tempatlah ke ruangan lainnya, seperti di sofa ruang keluarga atau di meja makan. Dengan begitu, Anda akan memiliki pemikiran dan pandangan yang berbeda dengan biasanya. Bekerja di dekat jendela, juga sangat baik untuk meningkatkan suasana hati, konsentrasi, dan energi kita. Karena paparan cahaya alaminya yang masuk ke dalam ruangan, terutama jika dapat sekaligus menikmati pemandangan dari hijaunya tanaman di taman.

  1. Buatlah ritual WFH yang baru.

Ritual selama bekerja dari rumah, perlu diubah pula misalnya setiap dua minggu sekali dan bisa berupa apa saja yang menurut Anda menyenangkan. Contohnya, seperti membuat playlist atau daftar lagu yang dapat membuat Anda semakin bersemangat atau daftar acara TV dengan genre komedi yang dapat Anda tonton sembari menikmati makan siang. Diikuti dengan menu makan siang buatan sendiri yang lezat, lalu menutup waktu kerja dengan bersepeda, membuat kerajinan tangan, dan sebagainya.

  1. Mengalihkan video call ke telepon.

Menghadiri rapat virtual secara video call, juga dapat membuat lelah karena perasaan bahwa penampilan kita selama rapat tersebut dipantau oleh orang lain. Sedangkan kita berada di rumah, di mana gangguan apa saja dapat terjadi selama rapat berlangsung. Untuk menghindari kekhawatiran dan kelelahan tersebut, cobalah ganti rapat virtual melalui telepon saja.

Baca Juga : Godzilla vs. Kong Membuat Rekor, Menumbuhkan Harapan Industri Perfilman di Kala Pandemi

  1. Rencanakan semuanya.

Buatlah daftar rencana bahkan sedetail mungkin, seperti jadwal untuk rapat dengan tim kerja melalui telepon. Jika perlu, setel alarm untuk mengingatkan Anda bersiap-siap beberapa menit sebelumnya. Dengan membuat jadwal secara fleksibel, otomatis Anda dapat leluasa menggunakan waktu untuk melakukan hal lainnya.

  1. Gerakkan tubuh.

Menggerakkan tubuh di sela-sela waktu bekerja, seperti meregangkan tubuh, menari mengikuti irama musik, mau pun berjalan kaki di sekitar rumah sangat membantu untuk menghilangkan kejenuhan dan kelelahan selama berada di depan laptop. Buatlah alarm agar tidak lupa untuk menikmati waktu istirahat Anda yang berharga.

Cara-cara di atas diharapkan dapat memberikan solusi untuk kejenuhan dan kelelahan yang Anda alami selama bekerja dari rumah. Namun, jika rasa lelah tak kunjung teratasi bahkan memengaruhi kesehatan, segeralah mengunjungi dokter atau pun ahli sejenisnya yang dapat membantu Anda. [Red]

Baca Juga

Add New Playlist