10 Hal Sederhana yang Terbukti Membuat Kita lebih Bahagia

Kalteng Today – Lifestyle, – Kita semua tentu ingin selalu merasa bahagia, meski mengetahui bahwa hidup tak selamanya berjalan mulus. Tak semua yang kita rencanakan dapat berjalan semestinya, akan ada tantangan dan hambatan yang harus kita hadapi untuk mencapainya. Namun, kebahagiaan adalah sesuatu yang harus kita upayakan bagaimana pun bentuknya.

Berikut ini adalah 10 hal sederhana yang telah dibuktikan oleh para psikolog dapat membuat kita lebih bahagia setiap harinya:

  1. Memulai hari dengan bersyukur dan menetapkan niat.

Bangunlah di pagi hari dengan perasaan bahagia dan bersyukur, karena Tuhan masih memberikan kita kesempatan untuk hidup. Seberat apa pun hari yang akan kita jalani, hadapi saja. Jangan sampai menyia-nyiakan kehidupan yang berharga ini. Tetapkan niat dari hari ke hari untuk membuat perbedaan dan kemajuan, seperti “harus makin produktif”, “lebih menghargai waktu”, dan sebagainya.

  1. Merapikan tempat tidur.

Sepertinya sepele, namun meluangkan sedikit waktu untuk merapikan tempat tidur dapat memberikan dampak positif pada kebahagiaan kita. Kebiasaan sederhana ini membuat langkah dasar pada hidup kita untuk lebih tertata.

  1. Gerakkan tubuh dengan olahraga ringan.

Tidak harus yang berat dan rumit, bisa dimulai dengan meregangkan tubuh ketika bangun di pagi hari. Lalu melakukan sedikit gerakan untuk melegakan pernapasan kita. Melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci baju, membersihkan lantai dan perabotan atau pun menari mengikuti alunan musik hingga berkeringat, juga termasuk dalam aktivitas olahraga ringan.

  1. Membuat daftar rencana.

Tentu kita tidak ingin membiarkan waktu bergelinding begitu saja, dengan membuat beberapa rencana jangka pendek dan jangka panjang. Namun, yang paling penting untuk diperhatikan adalah konsistensi kita dalam membuat dan mencapai rencana harian. Maka, buatlah daftar rencana yang akan dan harus dikerjakan setiap harinya. Jangan lupa untuk memberikan hadiah ketika berhasil menyelesaikan yang tersulit.

Photo by Jacqueline Munguía on Unsplash
  1. Lebih banyak tersenyum.

Senyum yang tulus dapat membuat suasana hati lebih baik dan berpikiran positif. Senyum yang kita berikan pada orang lain, juga dapat menular pada mereka. Tentu menyenangkan jika kita dapat berbagi kebahagiaan pada orang lain, meski hanya melalui senyum dan keramahan kita.

  1. Hubungi setidaknya satu anggota keluarga atau teman setiap hari.

Manusia diciptakan Tuhan sebagai makhluk sosial. Sekali pun kita termasuk orang yang introvert atau tertutup, berkomunikasi dengan orang yang kita cintai akan membuat hidup terasa lebih baik.

  1. Dekati hal-hal dan orang-orang yang memberikan dampak positif.

Menghindari diri dari hal-hal dan orang-orang yang tidak baik, membantu kita untuk lebih bahagia dalam menjalani hidup. Hidup tidak selamanya berjalan mulus, ada kalanya kita ditimpa banyak cobaan. Tentu pada saat seperti itu, kita mengharapkan dukungan dan bantuan dari orang-orang di sekitar kita. Bentuk perhatian seperti menanyakan kabar dan kata-kata penyemangat sangat kita butuhkan, dan hal tersebut hanya bisa kita dapatkan pada orang-orang yang berpikiran positif.

Baca Juga : Penyebab Mimpi Buruk dapat Terjadi Berulang Kali dan Cara Mengatasinya

  1. Mengirim pesan terima kasih.

Sedikit atau banyaknya kepedulian yang diberikan oleh keluarga dan teman-teman di sekitar kita, membuat kita mampu berada di posisi saat ini. Setidaknya, balaslah perhatian mereka dengan mengirimkan pesan berupa rasa terima kasih kita. Pesan yang berisi hal menyenangkan, tentu akan membuat si penerima juga merasa bahagia.

  1. Mengeluarkan uang untuk orang lain.

Memiliki uang dapat membuat kita bahagia, tetapi dengan catatan jika kita dapat menggunakannya dengan bijak pula. Salah satu hal yang dapat membuat kita makin bahagia ketika memiliki uang adalah dengan berbagi pada orang lain. Dengan melakukan hal tersebut, akan meningkatkan rasa syukur pada Tuhan dan memperkuat hubungan sosial kita dengan sesama.

  1. Tuliskan tiga hal baik yang terjadi pada hari ini.

Sebelum tidur malam, luangkanlah sedikit waktu untuk menulis tiga hal baik yang terjadi pada hari ini, sebagai rasa syukur kita. Hal-hal baik tersebut bisa berupa, “teman-teman yang menginspirasi”, “menikmati makan siang yang lezat”, “mendapatkan ilmu baru”, dan sebagainya. [Red]

Baca Juga

Add New Playlist